News

Saat Wakil Presiden AS Ucapkan Selamat Hari Kartini

CNN Indonesia, 21 May 2017

Saat Wakil Presiden AS Ucapkan Selamat Hari Kartini

Galih Gumelar , CNN Indonesia
Jumat, 21/04/2017 14:25 WIB

 

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence mengaku gembira karena lawatannya ke Indonesia kali ini bertetapan dengan hari Kartini. Menurutnya, banyak hal yang bisa dipelajari dari sosok wanita yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah tersebut.

Pence mengatakan, perjuangan Kartini dalam menggelorakan emansipasi wanita harusnya tak hanya menginspirasi masyarakat Indonesia, namun juga dunia. Sikap Kartini yang mendorong emansipasi wanita melalui pendidikan dianggapnya sebagai salah satu modal utama untuk membangun masa depan Indonesia.

"Apa yang Kartini lakukan bagi emansipasi wanita tentu menjadi inspirasi dunia. Akan sangat disayangkan jika wanita Indonesia tidak bisa mengenyam pendidikan dan tak punya kesempatan untuk menyuarakan pendapatnya. Untuk itu, saya merasa terhormat untuk hadir di Indonesia bertepatan dengan hari Kartini. Mari kita rayakan hari Kartini bagi wanita yang sukses, baik dari sisi kegiatan profesional maupun kehidupan pribadi," terang Pence, Jumat (21/4)

Lebih lanjut, ia pun mengutarakan kekagumannya pada tiga wanita yang berdiskusi dengannya selama masa kunjungannya ke Indonesia, yang dianggapnya mewarisi semangat Kartini. Ketiga wanita tersebut ialah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mantan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, dan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Widjaja Kamdani.

"Kami harap bisa bertemu kembali dengan Bu Retno di Washington DC mendatang. Sementara itu, saya juga melakukan pembicaraan menyenangkan dengan Bu Mari dan Bu Shinta, di mana kami berbincang tentang pengembangan hubungan kedua negara," paparnya.

Selain semangat Kartini, ia pun mengapresiasi komitmen Indonesia dalam memajukan Hak Asasi Manusia (HAM), kebebasan berpendapat, penegakan hukum, dan keberagaman agama. Oleh karenanya, kunjungan ke Indonesia ini dianggap telah memberi dampak yang signifikan bagi dirinya dan kedua putrinya.

"Melihat komitmen Indonesia, saya yakin kerja sama antara AS dan Indonesia akan semakin kuat, utamanya di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Presiden Donald Trump. Indonesia benar-benar telah menginspirasi dunia," pungkasnya.