Komitmen Sebagai Perusahaan Unggul Berkelanjutan

SINTESA UNTUK BUMI

Pembangunan berkelanjutan menjadi landasan visi  Sintesa Group seiring dengan transformasi di perjalanan 100 tahun Sintesa Group sebagai Sustainable Excellence company.  Kami ingin pengelolaan portofolio bisnis yang kami jalankan, dapat  memberi dampak bagi kemaslahatan masyarakat, lingkungan dan pertumbuhan ekonomi.

Sebagai strategic investment company, kami percaya bahwa pembangunan berkelanjutan adalah kunci resiliensi, yang tidak hanya berkontribusi mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat, tetapi juga melakukan upaya maksimal dan terbaik dalam meningkatkan dampak positif usaha. Kami ingin menjadi bagian dari solusi dan tanpa kenal lelah menciptakan komitmen usaha demi masa depan bumi yang lebih baik.

Untuk itu kami menetapkan Road Map Sustainable Development Goals - Sintesa Untuk Bumi yang secara simultan kami siapkan sejak tahun 2020 seiring dengan momentum perjalanan 100 tahun Sintesa Group. Tidak hanya mengadopsi komitmen global atas pembangunan berkelanjutan ke dalam value chain perusahaan, tetapi juga mengembangkan portofolio bisnis dengan produk dan jasa yang berkontribusi besar dalam target Sustainable Development Goals.

Melalui Sintesa Untuk Bumi, kami menetapkan dengan penuh pertimbangan, tentang bagaimana Sintesa Group dapat menjadi bagian yang menciptakan masa depan bersih dan sejahtera.

Untuk masa depan yang lebih baik, Sintesa Group melakukannya melalui investasi business model dengan menyediakan produk yang selaras dengan target dan pencapaian Sustainable Development Goals.

Business model kami fokus pada penyediaan produk kesehatan melalui portfolio Sintesa Health , menjadi bagian global untuk menyediakan energi bersih dan terbarukan melalui potfolio Sintesa Energy. Serta memastikan portfolio bisnis terbaru kami: Sintesa Eco Tourism yang fokus pada pariwisata berkelanjutan, sehingga dapat berkontribusi dan menjadi bagian dari solusi dalam hal perlindungan hayati, konservasi alam, pelestarian budaya dan kearifan lokal hingga pemberdayaan masyarakat di kawasan konservasi.

 

GOALS 3

Kesehatan dan Kesejahteraan yang Baik

Goals 5

KESETARAAN GENDER

Goals 6

Akses Air Bersih dan Sanitasi

Goals 7

Energi Bersih dan Terbarukan

Goals 8

Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Goals 12

Konsumsi dan Produksi Yang Bertanggungjawab

Goals 17

Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Real Problems. Real Solutions.



Klinik Kesehatan Karyawan

Untuk meningkatkan kualitas kesehatan karyawan di seluruh perusahaan , kami memastikan perlindungan kesehatan karyawan tidak hanya melalui asuransi kesehatan saja, tetapi juga dengan ketersediaan klinik kesehatan di lingkungan kerja untuk memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan menjadi prioritas kami

Sertifikasi EDGE

Dalam rangka memastikan kesetaraan gender berlaku di lingkungan kerja, Sintesa Group berkomitmen mendorong anak perusahaan untuk berperan serta mengimplementasikan Women's Empowerment Principles dari UN Global Compact. Hal ini dilandasi keinginan untuk menghormati hak asasi manusia, karena kesetaraan adalah bagian dari hak asasi manusia.

Sanitasi, Kebersihan dan Pemanfaatan Ulang Air

Dalam mewujudkan upaya kami untuk melindungi dan melestarikan sumber daya air, Sintesa Group berkomitmen untuk memastikan ketersediaan dan keberlanjutan air dan sanitasi. Ini dicapai melalui pendekatan manajemen air dengan metode 3R: Reduce, Reuse dan Reaching. Kami senantiasa memastikan kontrol dan pemantauan intensif untuk mengurangi penggunaan air dalam operasi kami sehari-hari. 


 

Program for Pollution Control, Evaluation and Rating (PROPER)

Seiring dengan ekspansi bisnis melalui portfolio energi bersih dan terbarukan yang dikelola Sintesa Group, tentu saja kami juga berkomitmen meminimalisasi jejak karbon dan limbah berbahaya dalam proses produksi dan operasional. Untuk itu kami memastikan portfolio kami melakukan upaya untuk menjalankan operasional yang minim jejak karbon. Diantaranya dengan  mendapatkan sertifikasi Proper dari Kementerian Lingkungan Hidup, sebagai upaya meminimalisasi dampak negatif terhadap lingkungan.

Eco Tourism

Inilah salah satu komitmen kami yang diimplementasikan melalui model bisnis terintegras eco tourism. Kami memperoleh ijin pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Likupang, Sulawesi Utara. Melalui strategi terintegrasi yang terdiri atas pemberdayaan masyarakat lokal, pengembangan agribisnis, produk lokal, kuliner, keragaman flora fauna, kearifan lokal, budaya hingga ketersediaan lapangan kerja tenaga kerja.

Onsite Composting

Sampah organik yang dikumpulkan dari sektor usaha hospitality kami, kami proses menjadi kompos agar dapat dimanfaatkan kembali untuk menyuburkan tanah yang ada di properti hotel-hotel dan bangunan yang dimiliki oleh Sintesa Group, sebagai bentuk komitmen perusahaan bagi produksi dan konsumsi yang bijak dan bertanggungjawab.