Tonggak Perjalanan

100 Tahun Perjalanan Sintesa Group

Cikal bakal pendirian perusahaan kami dimulai tahun 1919 dengan fondasi kepemimpinan visioner Oey Kim Tjiang. Kemudian pada tahun 1959 di bawah kepemimpinan generasi kedua keluarga, Johnny Widjaja memutuskan untuk melakukan inovasi besar  dengan mengubah usaha keluarga menjadi perusahaan perdagangan yang mampu menarik banyak mitra bisnis lokal maupun internasional dari berbagai industri. Setelah itu, 40 tahun kemudian  dengan ekspansi melalui kepemilikan beberapa bisnis dan industri yang beragam, Sintesa Group mulai mengembangkan pertumbuhan dan tata kelola yang kuat di bawah kepemimpinan Shinta Widjaja Kamdani. Generasi ketiga ini  kemudian sukses menciptakan terobosan bisnis keluarga dengan menciptakan sinergi dan transformasi usaha menjadi Perusahaan Unggul yang Berkelanjutan (Sustainable Excellence Company).



alt image gallery

Pendirian

1919

Sejarah awal Sintesa Group dimulai 100 tahun lalu saat Oey Kim Tjiang mendirikan perkebunan karet di bawah naungan NV Handelsbouw en Cultuur Maatschaapij.  Inilah cikal bakal perkembangan bisnis keluarga yang dimulai oleh generasi pertama.

Pertumbuhan

1959

N.V Handelsbouw en Cultuur Maatschappij yang semula mengelola perkebunan karet, mengubah fokus bisnis di bidang usaha perdagangan- distribusi consumer goods dengan badan hukum PT. Tigaraksa. Tigaraksa kemudian berkembang menjadi PT. Tigaraksa Satria yang seiring waktu, di era 70-an bertumbuh pesat. Tidak hanya memiliki pangsa pasar serta jaringan distribusi di seluruh Indonesia, tetapi juga mengembangkan partnership dengan lebih dari 20 perusahaan domestik dan internasional. Seperti Johnson & Johnson, Time-Warner, Wyeth-Ayerst Sterling, BASF of Germany dan masih banyak lagi

Transformasi

1999

Tahun 1999 adalah tonggak penting lahirnya Sintesa Group sebagai Strategic Investment Company. Hal itu dilakukan dengan transformasi bisnis keluarga menjadi Strategic Investment Company yang dilakukan oleh Shinta Widjaja Kamdani selaku generasi ketiga. Transformasi berbasis sinergi dilakukan melalui ekspansi bisnis yang merambah ke berbagai bidang usaha, disertai modernisasi perusahaan agar mampu memiliki reputasi global. Di tahapan inilah portofolio bisnis berkembang beragam melalui 4 pilar bisnis yang dikelola melalui 16 anak perusahaan, disertai diversifikasi bidang usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas serta diversifikasi produk dan jasa.

Menuju Perusahaan Unggul Berkelanjutan

2020

Bisnis keluarga yang telah bertahan selama 100 tahun membuktikan keberlanjutan usaha untuk pertumbuhan jangka panjang yang tidak hanya menjadikan Profit sebagai tujuan semata. Tetapi juga bagaimana usaha dapat berdampak besar bagi People dan Planet. Sehingga Sustainable for Excellence menjadi strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dilakukan Sintesa Group seiring perjalanan 100 tahun. Tak lain untuk mewujudkan komitmen perusahaan  dalam pencapaian tujuan Sustainable Development Goals yang dicanangkan PBB.